Pariwisata

Sulawesi Utara telah ditetapkan sebagai satu dari lima daerah tujuan wisata dan satu dari sepuluh daerah yang dapat menyelanggarakan MICE. Objek-objek wisata yang cukup menarik diantaranya:

North Sulawesi was declared as one of the  tourism destination and one of ten province which is able to organize the MICE. The common interesting tourism spots/object are:

Wisata Bahari antara lain, Taman Laut Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage, Pulau Nain dan Hamparan Taman Laut di Sangihe Talaud dan Bolaang Mongondow.

Ecotourism; Bunaken Sea Garden, Siladen Island, Mantehage Island, Nain Island, and Sangihe Talaud Sea Garden also Bolaang Mongndow Sea Garden.


Taman Laut Bunaken/Bunaken Sea Garden, Akses ke Taman Laut Bunaken dari Pelabuhan Manado dapat ditempuh dalam waktu 30 menit menggunakan perahu motor


Pulau Siladen/Siladen Island, Pulau ini terletak di Kecamatan Bunaken sekitar 8 mil dari pusat kota Manado yang bisa dicapai dengan kapal motor dengan waktu temuh 45 menit. 



Wisata Alam antara lain, Taman Nasional Dumoga Bone di Bolaang Mongondow, Cagar Alam Tangkoko, Batu Angus di Bitung, Danau Tondok, Danau Linow, Gunung Ambang di Bolaang Mongondow, Gunung Mahawu di Tomohon dan Sumaru Endo di Danau Tondano.

Natural-Objects NAtional Park Dumoga Bone in Bolaang Mongondow, Tangkoko Natural reservation in Bitung, Tondok Lake, Linow Lake, Ambang Mountain in Bolaang Mongondow and Sumaru Endo at Tondano Lake


Cagar Alam Tangkoko Bitung/Tangkoko Natural reservation in Bitung inzert Tarsius (primata terkecil didunia), Cagar Alam ini terletak di kota Bitung dengan jarak tempuh 60 KM dan waktu tempuh 1 jam 45 menit menggunakan kendaraan pribadi.


Danau Linow/Linow Lake at Tomohon City berjarak 40 KM dari kota Manado dan dapat ditempuh dengan menggunakan Mobil/Sepeda Motor dengan waktu tempuh sekitar 30 s/d 45 menit dari kota Manado



Wisata Peninggalan Sejarah Budaya berupa Kuburan Tua/Waruga di Sawangan dan Gua Peninggalan Jepang di Kawangkoan.

The Ancient Cemetery called Waruga in Sawangan and Japanese Caves in Kawangkoan (Historical and Cultural Objects)


Waruga in Sawangan, Waruga adalah kubur atau makam leluhur orang Minahasa yang terbuat dari batu, Waruga di Sawangan berjarak 24 KM dari Kota Manado dan dapat ditempuh dengan waktu 30 menggunakan Mobil/Sepeda Motor



Wisata Religi antara lain, Bukit Kasih di Kanonang, Bukit Doa Tomohon dan Bukit Doa Pinaling

Religius Objects are; Bukit Kasih at Kanonang, Tomohon Prayer Hill and Pinaling Prayer Hill


Bukit Kasih di Kanonang/Love Hill at Kanonang, Dinamakan Bukit Kasih karena tempat ini menimbulkan rasa keharmonisan antar umat beragama, terdapat lima rumah ibadah di Bukit Kasih, yaitu gereja katolik, gereja kristen, vihara, pura dan masjid yang berada dipuncak kedua. Dipuncak pertama kita bisa melihat sebuah salib putih yang tingginya mencapai 53 meter.



Bukit Doa Tomohon/Tomohon Prayer Hill, Akses menuju lokasi bukit doa Tomohon sangatlah mudah menggunakan kendaraan pribadi maupun bus umum dengan melewati jalan raya kota Manado menuju kota Tomohon dengan jarak tempuh 25 KM dan waktu tempuh 30 menit.




Wisata pantai antara lain; Pantai Tasik Ria, Pantai Kalasey, Pantai Hais, Pantai Pal, Pantai Firdaus, Pantai Pulisan di Minahasa Utara dan Pantai Molosing, Pantai Labuan Uki di Bolaang Mongondow

Beaches are; Tasik Ria, Kalasey, Hais, Pal, Firdaus, Pulisan on North Minahasa and Molosing Beach, Labuan Uki at Bolaang Mongondow


Pantai PAL, terletak di Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Timur , Kabupaten Minahasa Utara dengan jarak tempuh 57,4 KM dan waktu tempuh 1 jam 43 menit dari kota Manado.



Wisata Pemandian Air Panas banyak tersebar  di Minahasa bagian tengahseperti Tondano, Remboken, Tompaso dan Langowan.

The Hot-Water objectsare in the Mid of Minahasa such as in Tondano, Remboken, Tompaso and Langowan.

Wisata Tirta, Untuk jenis wisata ini dapat dinikmati pada hampir semua sungai dan danau yang ada di daerah ini, seperti Danau Tondano danDAS Tondano, Danau Moat dan Danau Linow.


Arung Jeram di Sungai Nimanga Sonder/Rafting at Nimanga River Sonder berada di Desa Timbukar Kecamatan Sonder Kabupaten Minahasa dengan waktu tempuh dari kota Manado 1 jam 40 menit menggunakan mobil.


Watersports objectsare found in almost all of the lakes and rivers belong to the area and theyare; Tondano Lake and DAS Tondano and also in Moat Lake in Minahasa and LinowLake.