Perhubungan

ANGKUTAN DARAT

Jalan Nasional di Provinsi Sulawesi Utara menempati posisistrategis sebagai urat nadi pembangunan ekonomi, sosial dan budaya karenafungsinya menghubungkan wilayah daratan Sulawesi Utara dengan wilayah daratanprovinsi lainnya dipulau Sulawesi. Panjang jalan di Sulawesi Utara 2.119,94 KM.

Dalam perkembangan pembangunan yang semakin menggeliat, makasarana infrastruktur jalan telah dikembangkan lewat akan dibangunnya jalan TolManado-Bitung 41,9 KM. Grounbreaking telah dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober2013 oleh Menko Perekonomian, Menteri PU dan Gubernur Sulawesi Utara. Adapunjalan tol Manado Bitung memiliki 5 buah simpang susun (SS) sebagai akses keluarmasuk, yakni SS Sukur, SS Airmadidi, SS Kauditan, SS Bitung dan SS Danowudu.




Proyek jalan tol Manado Bitung

ANGKUTAN LAUT

Dalam tatanan kepelabuhan, Provinsi Sulawesi Utara memiliki 1 (satu) pelabuhan internasional, yakni pelabuhan Bitung dan 6 (enam) pelabuhan nasional, yakni Pelabuhan Manado, Pelabuhan Petta, Pelabuhan Tahuna, Pelabuhan Lirung, Pelabuhan Karatung dan Pelabuhan Miangas serta 6 pelabuhan lokal, yakni Pelabuhan Likupang, Pelabuhan Ulu Siau, Pelabuhan Melonguane, Pelabuhan Mangarang, Pelabuhan Kawaluso dan Pelabuhan Marore.


Sulawesi Utara juga memiliki empat pelabuhan Penyeberangan di Bitung, Pananaru, Melonguane dan Ulu Siau.  Untuk melayani lintas penyeberangan Bitung-Pananaru (Kabupaten Sangihe), Bitung - Ulu Siau (Kabupaten Siau), Bitung- Melonguane (Kabupaten Talaud) serta dua dermaga plengsengan, yaitu di Bitung dan Pulau Lembeh yang melayani lintas Bitung - Pulau Lembeh.


Pelabuhan Bitung

ANGKUTAN UDARA

Prasarana Bandar Udara yang terdapat diwilayah Provinsi Sulawesi Utara sebanyak 5 buah, yang terdiri dari Bandar Udara Sam Ratulangi Manado yang merupakan bandara Internasional, 4 bandara lainnya berfungsi sebagai bandara Nasional yakni Bandara Mopait dan Bandara Naha yang berada di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Bandara Melonguane yang berada di Kabupaten Kepulauan Talaud dan Bandara Miangas yang belum lama ini diresmikan oleh bapak Presiden Ir. Joko Widodo.

Adapun perusahaan angkutan udara yang beroperasi di Sulawesi Utara untuk melayani penerbangan dalam negeri dan luar negeri yakni antara lain; PT. Garuda Indonesia Airlines, PT. Lion Airlines, PT. Batik Air.


Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado